Bermain kembang api dilarang? Mateng dah!

“Waduh koh, saya baru dapat edaran bermain kembang api dilarang?” begitu bunyi text di WA yang saya terima. Lalu saya mulai mencari tahu lebih jauh tentang larangan ini. Saya rasa banyak orang juga akan merasa khawatir ketika ingin bermain kembang api.

Esensi larangan kembang api

Pada dasarnya, larangan ini muncul karena CoVID 19 masih meyebar. Pemerintah harus menahan laju tingkat sebarannya. Semakin banyak yang kumpul di satu wilayah, bisa menjadi cluster baru nantinya. Pesta pergantian tahun identik dengan kumpul dan berkerumun. Tidak hanya di Mall, cafe dan rumah makan saja. Banyak juga yang berkerumun di pantai, jalan-jalan dan bahkan di perumahan.

Malam Tahun Baru di Jakarta
bermain kembang api dilarang?

Jadi apakah boleh bermain kembang api?

Tentu. Jika kamu bermain kembang api dan membuat keramaian berkumpul, maka itu sudah bisa menyebabkan cluster baru. Mengumpulkan massa untuk Barbeque bersama pun sudah melanggar protocol Covid 19. Membuat acara akhir tahun bersama-sama juga sudah melanggar loh. Tapi saya cuma mau main bersama keluarga kecil saja? nah, kalau cuma kecil-kecilan tentu tidak masalah.

Yang penting GAK RAME-RAME

Jadi, selama kita melewati malam tahun baru hanya dengan keluarga kecil saja, tanpa adanya kerumunan, itu tidak masalah. Mau bakar Ikan, bakar jagung dan bakar kembang api tidak melanggar protocol covid 19. Yang tidak boleh adalah bakar Rumah. Repot guys. Pastikan saat bakar jagungnya jangan pakai handsanitizer ya. pake Arang batok lebih enak. Juga gunakan masker biar gak menghirup udara bakarannya.

Apakah perlu takut bermain kembang api dilarang?

Tentu saja. Kita harus takut dengan sebaran covid 19. Tapi untuk bermain kembang api di teras rumah secara private tidak perlu takut. Selama kita bermain secara pribadi dan tidak mengundang keramaian tidak perlu takut. Justru harusnya kita bersyukur. Kita akhiri tahun ini tanpa perlu keluar rumah dan berkerumun. Nyalakan kembang api dan lihat setiap titik api di udara bahwa harapan tetap cerah dan bercahaya. Dengarkan tiap dentuman, bahwa degup semangat kita tetap bergelora. Tunjukan pada Langit bahwa kita siap menyongsong masa depan dengan lebih baik.

Share berita ini biar teman-teman yang lain juga makin tenang main kembang api di rumah.

Leave A Comment